26 Desember 2008

Tips Pilah-Pilih Web Hosting Untuk Blog Pribadi

Di Internet ada banyak layanan blog gratis yang banyak dimanfaatkan oleh para blogger dari seluruh penjuru dunia. Sebut saja WordPress, Blogger, Multiply, dan masih banyak lagi lainnya. Ketika pertama kali membuat blog pribadi, kebanyakan blogger pemula termasuk saya dan juga mungkin Anda biasanya akan terlebih dahulu memanfaatkan berbagai layanan blog gratis tersebut. Kegiatan blogging saat itu masih sekedar coba-coba dan hobi.

Seiring dengan berjalannya waktu, kebanyakan blogger yang sudah malang melintang didunia blogsphere akan mulai memikirkan untuk memiliki domain dan web hosting sendiri tanpa bergantung dari layanan gratisan lagi. Para pengguna layanan Blogger hanya bisa menggunakan nama domain sendiri namun hosting yang digunakan tidak bisa diganti. Berbeda dengan pengguna Blogger, para WordPress mania bisa lebih leluasa dalam memilih nama domain dan hosting mereka sendiri.

Dengan memiliki hosting berbayar sendiri pengguna WordPress bisa lebih banyak berkreasi ketika memodifikasi theme dan menggunakan berbagai plug-in untuk memaksimalkan fitur dan kemampuan blog engine WordPress. Nah, khusus bagi pengguna WordPress apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hosting berbayar untuk blog? Berikut berbagai pertimbangannya.

  • Sistem operasi. Secara umum 2 sistem operasi yang biasa ditawarkan adalah Linux/Unix dan Windows. Pilih saja Server Linux karena harganya akan lebih murah. Linux dikenal tangguh dan stabil dalam menangani server. Linux juga mendukung modul PHP dan MySQL yang dibutuhkan oleh WordPress secara penuh.
  • Kapasitas. Sebagai langkah awal, minimal pilihlah kapasitas yang lebih dari 10 MB. Jangan kurang dari itu. Kapasitas ini bisa Anda tambahkan nanti dikemudian hari jika memang dibutuhkan.
  • Bandwidth. WordPress merupakan CMS blog yang cukup banyak memakan bandwidth. Sebagai permulaan pilihlah bandwidth minimal 1 Gb. Untuk pengunjung antara 400-500/hari gunakan minimal 5 Gb. Sesuaikan saja kapasitasnya dengan jumlah pengunjung blog Anda.
  • Harga. Pilihlah paket hosting dengan harga yang masuk akal. Mulailah melihat spesifikasi fitur dari daftar harga dari yang paling murah terlebih dahulu. Jangan tergiur oleh berbagai fitur dengan kapasitas tinggi namun tidak Anda pakai secara maksimal karena pengunjung blog masih sedikit.
  • Lokasi Server. Jika blog Anda berbahasa Indonesia dan mengharapkan pengunjung dari Indonesia, maka sewalah hosting di server Indonesia. IDWebhost dan Master Web Network adalah salah duanya. Keuntungan menggunakan server dalam negeri adalah blog Anda lebih cepat diakses serta peringkat blog Anda dalam mesin pencari bisa lebih baik.
  • Fitur penting lainnya. Hosting yang menggunakan Cpanel biasanya memiliki fasilitas Fantastico yang berguna untuk memudahkan penggunanya untuk mengugrade CMS WordPress ke versi terbaru. Fitur ini banyak membantu para pemula yang tidak ingin repot. Pastikan fitur ini ada jika memang Anda ingin mengguakannya.
  • Kredibilitas perusahaan. Jangan mudah tergiur oleh harga murah, fitur canggih, diskon dan berbagai tawaran menarik lainnya. Mintalah saran dan pendapat dari sesama blogger tentang web hosting yang ingin Anda sewa. Cara paling mudah adalah melalui forum online di Internet. Siapa tahu hosting yang dulunya bagus tapi setelah sekian lama performa serta layanannya bisa menjadi kurang memuaskan.

Ada yang mau menambahkan? ayuk

Disadur dari: http://dhinata.com

2 komentar:

  1. Wah mantab bos tipsnya, Tambahan dari aye bisa di cek di blog aye di Memilih hosting yang berbayar yang tepat.

    Oh iya bos, kalo mo yang berbayar aye saranin pake Rumah Web aja, soalnya ane pake dia dah hampir satu tahun belum pernah ada masalah ape-ape. Oh iya, bos kok malah pake blogspot bukan pake yang berbayar aje, rumah web yang mulai 10 rebu / bulan juga ada. He he he.

    Ok gitu aja bos acara mampir mampirna, bos kalo da waktu mampir ke blog aye juga ya.

    Regards,
    Johan Firdaus

    BalasHapus
  2. ...sebenarnya saya sudah pernah menggunakan layanan Rumah Web, akan tetapi layanan tersebut bukan untuk website saya. Waktu itu saya menggunakannya untuk awana-band.com. memang layanan nya memuaskan sekali dan juga dapet bonus baju lagi... :P~
    O-iya. Bukannya saya tidak mau menggunakan webhost yg berbayar, jangankan yg berbayar, yg gratisan ini saja blog saya (sudah) jarang diupdate. 'Kan sayang klo kita menggunakan webhost yg berbayar tetapi websitenya jarang diupdate...

    BalasHapus

Terimakasih atas komentar anda...