16 Maret 2009

Lima Tahun Facebook, 850 Juta Foto Diposting



Salah satu situs pertemanan yang paling populer, Facebook, genap berusia lima tahun pada 4 Februari lalu. Bisnis ini kemudian menghasilkan jutaan dolar AS dan melahirkan sebuah fenomena global di dunia maya. Sekitar 15 juta user meng-update status mereka setiap hari di situs ini.

Dilansir CNN, Kamis (5/2), Mark Zuckerberg berusia 19 tahun saat ia meluncurkan Facebook dari kamarnya di Harvard tahun 2004. Hanya dalam kurun waktu 24 jam, lebih dari 1.000 teman-temannya ikut bergabung dan satu bulan berikutnya setengah penghuni kampus sudah melengkapi profil mereka.

Lima tahun kemudian, situs ini mengklaim memiliki 150 juta user dan Zuckerberg yang kini berusia 24 tahun dinobatkan sebagai miliuner termuda di planet ini dengan estimasi kekayaan mencapai 1,5 miliar dolar AS seperti dilansir majalah Forbes, tahun lalu.


Craig Newmark, pendiri Craigslist, menulis di Time tentang Zuckerberg yang masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia, mengatakan, Zuckerberg menciptakan sebuah situs pertemanan yang tidak hanya merefleksikan kehidupan namun juga malah melampaui hal itu sendiri.

Dengan situs semacam MySpace, Bebo, Facebook juga berhasil membawa sebuah alur ke dalam mainstream situs pertemanan dan memaksa politisi, pebisnis, dan selebriti ikut masuk dalam arus ini. Berdasarkan hasil estimasi, sekitar 15 juta user meng-update status tiap hari.
Lebih dari 850 juta foto di-upload dan rata-rata user memiliki 120 teman.

Tidak hanya itu, Facebook juga ikut serta memberikan kontribusi atas kemenangan Obama dalam pemilihan presiden lalu, menghubungkannya dengan para anak muda, serta pemilih yang belum tersentuh.
Dalam sebuah blog yang dipublikasikan, Rabu (4/2), untuk menyambut ulang tahun kelima Facebook, Zuckerberg menjelaskan situs ini memberikan jalan kepada dunia untuk semua orang dalam mengekspresikan ide dan perubahan awal.

"Budaya dari internet mengalami sebuah perubahan yang sangat dramatis lebih dari lima tahun belakangan ini. Sebelumnya, orang-orang tidak mau mempublikasikan identitas diri mereka di dunia online tetapi Facebook menawarkan sebuah lingkungan yang aman dan jutaan orang merasa nyaman untuk mengekspresikan diri mereka," tulisnya. Kini, saatnya memanfaatkan kenyamanan ber-Facebook. (Tribun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda...