17 Juni 2009

DVB Card For Satellite TV

DVB adalah singkatan dari Digital Video Broadcasting. DVB Card adalah card sejenis TV Tuner yang digunakan untuk menangkap siaran digital dari satelit.
DVB Card ada dua macam, yang dipasang di PCI dan yang dicolokkan ke USB. Yang pertama cocok untuk PC sementara yg kedua lebih diarahkan untuk laptop. Gambar menunjukkan DVB Card untuk slot PCI. Untuk dapat menerima siaran TV digital satelit tentunya DVB Card ini harus dihubungkan dengan peralatan parabola.

Setelah dipasang pada slot PCI dan melengkapinya dengan driver & software installation, user tinggal mencolokkan kabel LNB dari parabola ke DVB Card tersebut. LNB adalah singkatan dari Low Noise Block, sebuah komponen yang mencuat keluar tepat di garis tengah parabola. Biasanya LNB ini disangga oleh beberapa kaki yang ditumpu pada pinggiran dish parabola.

Arahkan parabola ke satelit yang ingin disaksikan acaranya. Pada contoh ini akan digunakan software ProgDVB. Software ProgDVB ini telah berisi database sejumlah satelit yang beredar di orbit dengan berbagai informasi frekuensi, symbol rate, dan polarisasinya.

Sebagai contoh, kali ini parabola kita arahkan ke satelit Asiasat 3S yang berada pada koordinat 105.5 derajat bujur timur. Pastikan arah dish optimal dengan memperhatikan sinyal yang didapat.
Setelah posisi optimal, lakukanlah proses scanning sinyal TV dari satelit tersebut. Langkah ini bisa dilakukan secara automatic dengan menggunakan database yang terdapat di dalam ProgDVB.


Apabila ada channel yang tidak tertangkap, anda tinggal melakukan proses scanning secara manual dengan mengisi data frekuensi, symbol rate, dan polarisasi dari channel yang anda ingin saksikan. Informasi ini bisa didapat secara lengkap dari lyngsat. Geser-geserlah posisi dish parabola dengan positioner untuk mendapatkan kualitas gambar yang diinginkan.

Selamat. Sekarang anda telah bisa menikmati siaran TV digital dari satelit di layar PC atau laptop anda.

Selanjutnya adalah internet grabbing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda...